Senin, 11 November 2013

RIDE TO GUCI TEGAL BERSAMA NUSANTARIDER

Check Point
Check Point Makan Malam Nasi Jamblang di Cirebon
Berawal dari info sahabat Nusantaride (Pramudya Irawan dan Ery Tamba), saya membuat postingan di BB Grup mengajak beberapa teman member wilayah Depok untuk ikut memeriahkan acara untuk bertemu muka dengan sahabat” Nusantaride dari wilayah lain, terutama Jateng, DIY, dan Jatim. Alhasil tercatat ada 6 member HTML wilayah Depok yang berencana ikut serta memeriahkan acara tersebut yaitu : Om Jarod, Om Andrie, Om Rahman, Om Arya, Om Aulia, dan saya sendiri Reza. Dari hasil obrolan di warkop MCC tanggal 19 Juni 2013, di tentukan hari keberangkatan pada hari Jum’at tanggal 21 Juni 2013 pukul 05.00WIB , tetapi Om Andrie berhalangan jika akan berangkat jum’at pagi, alhasil beliau akan menyusul berangkat jum’at malam setelah pulang kantor. Disepakati jalur yang akan di lewati adalah via Pantura. Tikum 1 di tentukan di Bengkel MCC pukul -4.30 WIB.

Kamis malam, pulang kantor langsung prepare barang” yang akan di bawa : baju ganti, kacamata cadangan(ane minus 3,5 bisa gawat klo gk bawa kacamata cadangan), kamera pocket + breket, senter cree + baterai cadangan, charger HP, GPS (set koordinat di 70 11’ 58” S, 1090 9’ 55” E), kunci” toolset, sparepart cadangan (Koil, CDI, Bendik starter, sambungan rantai 520, spi gir depan, baut gir belakang,
Motor Reza Bermasalah
Macan Item Ngambek di Indramayu
kabel kopling, etc) buat jaga” klo tiba” di butuhkan.Baju ganti + tali webbing ane taruh di Sidebox kanan- kiri, sementara toolset/ saperpart cadangan + jas hujan ane iket di atas jok belakang, sengaja tidak taruh di dalem box karena untuk mengurangi beban berat samping kanan-kiri juga apabila di perlukan bisa segera di ambil. Oh iya motor jg ane cek, tekanan angin ban depan-belakang, lampu utama + lampu signal, gk lupa kasih pelumas khusus untuk rantai(SINNOB....red). Persiapan beres, ane pun istirahat sambil bersenda gurau dengan anak ane sebentar. Gk lupa setel alarm jam di HP dengan ringtone yg cukup keras(biar bisa denger)

Jum’at pagi pukul 04.00WIB, bangun dengan sebelumnya denger ada suara terompet upacara(mirip ama terompet militer), mandi lalu pakai baju + safety gear, siap” berangkat ke Tikum 1 @Bengkel MCC Juanda – Depok, sambil manasin motor cek posisi GPS yg ane taruh di tank bag, semua beres tinggal gas menuju tikum jam menunjukkan pukul 04.30WIB.
Macan Neduh
Duo Macan Neduh Duluk
15 menit kemudian sampai di tempat tikum, kok belum ada yang dateng, sambil nunggu pesen indomie rebus + telor juga teh manis hangat buat sarapan. Jam menunjukkan pukul 05.10WIB, belum ada yg nongol juga....eh gk lama dateng tiger merah pke top box + sidebag, ternyata Om Rahman....eh iya ternyata yg berangkat pagi itu hanya tinggal kita berdua, duet maut Tiger Merah – Hitam sementara yg lainnya gagal berangkat, Om jarod berhalangan karena belum dapet ijin dari keluarga, Om Arya gk tau kenapa gk jadi berangkat, sementara Om Aulia berhalangan karena gk dpt izin dari kantor(pindah kantor aja Ul....klo kerjaan ganggu hoby....wkwkwkwkwk). jam menunjukkan pukul 05.30WIB, alhasil setelah briefing sebentar mengenai jalur yg akan di lewati, berdoa dan gas poll.....
Makan Sate Kambing Muda
Melewati sisi jalan tol Cijago tembus ke Jl. Raya Cibubur, lalu lintas masih lengan (lah iyalah...masih pagi) sampai di fly over kita belok kiri melewati Jl. Raya Setu, terhambat sedikit karena ada bubaran pergantian shift karyawan Pabrik, eh iya....tadinya mau mampir ke tempat lae Ery (numpang sarapan) tapi karena ngejar waktu supaya di daerah karawang gk terlalu siang maka kita lanjutkan perjalanan, melewati sisi kalimalang (malang banget yah tuh kali......) kita sampai di stasiun lemah abang/cikarang, lanjut menuju Karawang.
Ada kejadian lucu, karena belum ngidupin GPS saking enaknya gas poll.....ternyata saya salah belok, lampu merah pertama saya belok kiri....alhasil nyasar sampe 40Km. Berhenti di Toko Indomaret beli minum sekalian nanya arah, emang bener salah belok....untung gk di terusin klo gk nembus tuh sampai ke Pantai gak tauk namanya apa....

Setelah ngidupin GPS puter balik....baru deh GPS menuntun ke jalan yang benar, sampai di bunderan kerawang, belok kiri arah cirebon....GPS pun di matikan lagi(hemat baterai).....lagi enak”nya riding tiba” tuh tiger merah nyamperin ....minta mampir pomp bensin buat isi bensin, saya belokin masuk pom bensin trus saya tungguin di depan....eh si tiger merah malah ngikutin....saya tanya kok gk jadi ngisi, dia bilang gk ada pertamax (wuih tiger merah minumnya pertamax) .....lanjut nyari pom bensin yang ada pertamax-nya. Sampai di daerah patok besi, tiba” hujan....duet tiger akhirnya neduh, gk mau repot jalan hujan-hujanan(macan takut air.....)
Narsis dulu
Begitu hujan berhenti perjalanan kita lanjutkan, kok tiba” suara motor saya agak aneh....mesin agak” brebet terus nembak” lalu mati, cek mesin gk ada masalah, ganti busi mesin bisa hidup lagi....kira” 1 jam perjalanan...tiba” gejala yg tadi muncul lagi, alhasil melipir ke Toko Alfamart terdekat, sambil istirahat saya cek kondisi motor, sempet BBM-an sama Om Tisna(mekanik bengkel MCC) di suruh ngecek kabel warna hijau yg nyambung ke koil, hadeh.....musti lepas tangki dong.....setelah di cek posisi kabel scoonyg nyanmbung ke koil bagus, di cek lagi ternyata itu kabel sedikit robel, sehingga korslet ke body(untung bawa selotip listrik), kelar urusan motor lanjut gas poll menyusuri PANTURA, sampai di daerah Indramayu terlihat lalu lintas melambat (sambil mikir pasti macet nih...) ternyata bener....terjadi buka tutup jalur kendaraan karena ada beberap ruas jalan yang sedang di perbaiki, dan sialnya lajur yang semestinya di lalui 2 kendaraan jadi di lalui 3 kendaraan, belum lagi mobil” pribadi yg mengambil sisi punggung jalan, beruntung masih bisa selap-selip di antara kendaraan besar, ada accident sedikit di mana di saat saya akan menyalip mobil di sebelah kanan saya, tiba” mobil yang di depan saya berhenti, alhasil reflek narik rem depan dan....gusrakkk tiger saya pun mencium bemper belakang mobil depan dan motor pun terguling ke kanan, karena efek jatuh 2 minggu sebelum perjalanan ini(saya kecelakaan...red) maka dengan susah payah saya mencoba untuk mendirikan motor, cek kondisi sebentar lanjut gas poll lagi.....
Melewati Indramayu, jalanan cukup lancar dan mulus (semulus paha syahrini.....red) di sinilah saya bertukar

posisi, Om Rahman di depan, saya bilang tinggal lurus terus aja sampai di cirebon, motor pun saya gas poll, kira” pertengahan jalan ke arah cirebon, tiba” rantai tiger saya lepas, reflek saya bunyikan klakson + kasih lampu supaya Om rahman berhenti, tapi itu rider tiger merah gk berhenti (lagi menikmati mulusnya jalan palimanan kali....).
Setelah perbaiki rantai...sengaja saya tidak langsung menyusul om rahman, menikmati sebatang rokok sambil duduk di pinggir sawah (lupa ambil photo....) alhasil 10 menit kemudian HP saya berbunyi ternyata sms dari om rahman menanyakan posisi saya di mana hahahaha.....(akibat gk tau jalan) lalu Om rahman pun puter balik menyusul saya....
Sampai di ujung jalan bypass palimanan, kiri arah cirebon klo ke kanan arah Sumedang....saya pun berhenti,
mencoba kontak temen” HTML Cirebon....rupanya karena lalulintas udara lambat, kami putuskan menunggu sambil makan makanan khas cirebon “NASI JAMBLANG”. Jam menunjukan pukul 04.00WIB ketika SMS/BBM-an saya dengan teman cirebon di balas (Om Arief dan Om Ahmad).
Karena mengejar waktu supaya sampai di tegal tidak terlalu malam, maka kami putuskan tidak jadi mampir di cirebon(maaf teman” HTML cirebon), lanjut perjalanan menuju Tegal, sampai di kota tegal jam menunjukkan pukul 18.30 WIB persisnya di perempatan yang banyak mall-nya, kami istirahat sebentar sambil nanya” ke pak Polisi yang sedang bertugas arah ke Slawi/Guci...
Jam menunjukkan pukul 19.00WIB lalu saya tanya partner riding saya, mau menginap di tegal atau ke arah guci, lalu di putuskan untuk menginap di Tegal sambil menunggu Om Andrie berangkat dari Depok supaya bisa riding bareng besok pagi menuju guci.
Check In Hotel – makan malam lalu istirahat (zzzzzzzzzz........)
Sabtu pagi, saya bangun terlebih dahulu, lalu mencoba kontak Om Andrie, lagi” lalulintas udara lambat, minta tolong Om Agung di Depok untuk mantau via latitude, ternyata posisi Om Andrie masih di Indramayu (tepok jidat.....) bersama rombongan teman” Nusantaride lainnya yang berjumah 14 motor.
Kami putuskan untuk bertemu di Slawi – Bumi Jawa, jam menunjukkan pukul 08.30WIB kami lanjutkan
riding dengan santai sekitar 60 – 70 KPJ, 1 jam kemudian sampailah kami di desa Tuwel – Guci Kabupaten Tegal, mata kami pun di manjakan dengan indahnya hamparan persawahan di bukit” dan rumput hijau (untung gk ada macan biru vegetarian.....wkwkwkwkwk), udara segar pegunungan membuat kami berhenti sebentar untuk sekedar mengambil dokumentasi (biar Om Arya ngiri.....hahahaha), perjalanan di lanjutkan sampai lupa kalau kita belum sarapan pagi, cari punya cari gk ada warung makan yg menunya cukup variatif, semua menyajikan Sate kambing Muda, Tongseng, gulai dan kawan”nya. Maka mampirlah kami untuk sarapan pagi sambil membeli oleh” khas tegal, sambil menunggu hidangan kami pun mencoba kontak dengan rombongan Om Andrie dan teman” Nusantaride yang sudah sampai terlebih dahulu, saya di berikan kontak Om Agung rantank selaku PIC setempat, kami pun memberi kabar bahwa 30 menit lagi kami tiba di lokasi. Lagi ambil dokumentasi...eh tiba” ada kawasaki versys (Om Alfian) lewat, saya coba panggil tapi gk denger saking cepetnya tuh motor....#geleng-geleng. Dapat informasi sudah ada beberapa teman Nusantaride yang sudah tiba, kami pun di beri tahu lokasi acara yaitu Bumi perkemahan/air terjun Guci.
Tidak sabar ingin bertemu teman” dari daerah lain, kami pun langsung bergegas menuju lokasi yang sudah di beritahukan. Sampai di gerbang Taman Wisata Guci sempat narsis sebentar (Biar Om Arya ngiri lagi.....hahahahaha) kami di kenakan biaya retribusi sebesar Rp. 15.000,- untuk 2 motor, perjalanan di lanjutkan kembali, tidak sampai 5 menit kami tiba di gerbang Perkemahan Taman Wisata Guci, lagi” kami di kenakan retribusi sebesar Rp. 10.000,- untuk @ motor, ada hal aneh di gerbang tersebut, tiba” ada beberapa “Mahluk Halus” yang mendekati sambil senyum”.....saya dan Om Rahman pun geleng”
kepala....menyusuri jalan setapak sampai kami di pertigaan, karena mendengar suara knalpot bobokan saya tiba” ada yang memanggil untuk belok ke kanan, ternyata setelah belokan tersebut lokasi tikum-nya.....
Salam hangat dan jabat erat dari teman” yang terlebih dahulu sudah sampai membuat udara dingin pegunungan tidak terlalu dingin, kami pun di suguhi makanan dan minuman yang di bawa teman” dari daerahnya masing”, ada teh gelas dari malang, nasi megono, tempe dan tahu mendoan, getuk goreng Sokaraja, dan makanan khas Tegal “JETMEN” saya lupa namanya, bentuknya bulat” tpi ada yang rasanya sangat pedas sekali....hahahaha...tidak beberapa lama mulai berdatangan teman” Nusantaride dari daerah lain, Om Jul, Om Alfian, Om Latanza, dan teman” lain yang saya lupa namanya, mulailah berbagi cerita mengenai perjalanan sambil tukar pendapat mengenai kondisi motor masing”.....
Jam menunjukkan pukul 14.00 WIB, gerimis hujan mulai turun, di putuskan untuk ke tempat penginapan sambil menunggu rombongan Om Andrie sampai.mSambil menunggu saya habiskan waktu untuk tidur”an di sofa, karena sore atau malam harinya kami akan kembali ke Depok untuk menghadiri acara pernikahan teman kami di Komunitas HTML. Jam menunjukkan pukul 17.00 WIB, ketika saya mendapat kabar bahwa rombongan Om Andrie sudah sampai di depan Gerbang Taman Wisata Guci.
Tidak lama terdengar suara knalpot rombongan Om Andrie dengan berbagai macam merk dan jenis motor
memasuki area parkir penginapan. Terlihat Om Pram, Om Bimo Nugroho, Om Bimo Setyawan, Om Tedy Tabiang, dll. Semua berkumpul, terlihat jelas keceriaan wajah dari rombongan Om Andrie, di lanjutkan sharing session mengenai cerita perjalanan dan perkenalan dari sahabat” Nusantaride.
Jam menunjukkan pukul 20.00WIB, beberapa sahabat Nusantaride ada yang mulai mandi ke Pemandian Air Panasdan ada juga yang mulai pamit pulang ke daerahnya masing-masing (Tegal, Purworejo, Pemalang, Purwokerto), lalu kami putuskan untuk mencari makan malam, tidak jauh dari lokasi penginapan ada Tukang Nasi Goreng Kampung (nothing choice......). setelah makan malam saya biarkan Om Andrie untuk tidur sebentar, karena kami berencana untuk kembali ke Depok malam ini juga.
Jam menunjukkan pukul 23.15 WIB, Om Andrie terbangun karena suara berisik teman” yang selesai mandi di pemandian air panas, kami pun segera bersiap ternyata ada teman yang ingin riding bareng juga, tercatat ada 5 motor (4 Honda tiger dan 1 Kawasaki Versys). Tepat pukul 23.30 WIB kami pun berpamitan dan langsung gas poll menuju tegal, pantura. Jalur balik memang sepi, tetapi kita tetap waspada karena banyak jalan yang berlubang, alhasil motor Om Rahman berhasil mencium lubang (Kurang terang kali lampunya....#sodorin lampu cree) yang mengakibatkan piringan cakram depan bergeser, kami putuskan untuk berhenti di pomp bensin terdekat, setelah di cek ternyata beliau menggunakan breket tambahan (Cakram lebar modifikasi) pantesan.....Perjalanan di lanjutkan kembali, sampai di losari ada 1 teman yang berpisah karena mau menuju kuningan.Jam menunjukkan pukul 02.30WIB, kami rehat sebentar di Alfamart daerah Cirebon sebelum memasuki jalan bypass palimanan, sambil sharing dengan Om Alfian(rider Versys) mengenai perjalanannya ke Sulawesi beberapa waktu lalu. Lagi asik-asiknya ngobrol ternyata ada motor
yamaha byson memasuki parkiran alfamart(anak klub motor juga....red) beliau menawarkan untuk istirahat di sekre-nya mereka, kami pun mengucapkan terima kasih karena mau segera melanjutkan perjalanan.
Tepat pukul 03.30 WIB perjalanan kami lanjutkan dengan tetap Om Andrie sebagai VO, selang 1 jam perjalanan saya perhatikan posisi riding Om Andrie mulai sering goyang ke kanan (dugaan bener, beliau mengantuk.....), di putuskan mencari Hotel Petamina yang cukup nyaman untuk beristirahat (jadinya tidur.....zzzzzzz). 3 rider langsung terlelap begitu mendapat lapak yang cukup nyaman di belakang Musholla, tinggal saya yang harus tetap terjaga menjaga kondisi motor dan barang” bawaan-nya....
Pukul 06.00 WIB, Om Andrie terbangun karena menyetel alarm di HP-nya, disusul Om Rahman dan Om Alfian, ngopi sebentar, cuci muka, lalu segera bergegas untuk siap” riding lagi, tidak lupa saya kasih sticker HTML Depok untuk di tempel di Box Panniers-nya....photo” sebentar lalu tancap gas lagi. Perjalanan konstan dengan speed tetap di jaga di 80KPJ....lagi menikmati riding cuaca pagi, tiba” saya di kejutkan dengan hilangnya motor Om Andrie yang tiba” menyalip Bus Pantura, perasaan was-was timbul karena cukup lama hampir sekitar 5 detik tidak terlihat, ternyata motor ada di sebelah kanan Bus Pantura (Edannnn...... Bus Pantura di ajakin goyang maut)......memasuki jalanan yang kurang bersahabat (aspal sedang di cor, sehingga bergelombang) motor Om Andrie mengalami bocor ban, ternyata ban dalem robek cukup lebar, Kelar urusan tambal ban segera tancap gas lagi.
Jam menunjukkan pukul 08.30 WIB, kami putuskan untuk mencari jalan bypas supaya tidak memasuki kota
Karawang, tepat pukul 10.00WIB, rombongan sampai di gerbang bekasi, kami pun mengantar sahabat kami yang dari malang ke arah Pondok Kelapa, tepat di jembatan BKT yang ada Mc Donald’snya kami pun berpisah (sampai jumpa lagi Om Alfian.....). jam menunjukkan pukul 10.15WIB, kami pun segera bergegas menuju daerah Senen - Jakarta Pusat untuk menghadiri Perkawinan salah satu member HTML Wilayah Depok, sampai di pintu gerbang Gedung Danaphala kami bertemu dengan Om Dik” dan Istri....juga Lae Dana (Rider macan Vegetarian)......sambil berganti pakaian dan menitipkan barang” bawaan di Pos security, kami pun segera bergabung dengan member” HTML yang sudah terlebih dahulu datang, salaman sebentar lanjut makan (belum makan dari mulai berangkat kemarin....),
lanjut photo session....kami pun bubar pulang kerumah masing”.....saya di tunjuk jadi VO oleh Om Dwi, tapi rombongan saya tinggal....hehehehe....(maaf Om Dwi.....ngantuk sangat).   Jam menunjukkan Pukul 03.30 WIB ketika saya sampai di depan teras rumah, ternyata sudah menunggu anak dan istri tercinta, gak pke lama langsung mandi dan......tidurrrrrr.
Alhamdulillah perjalanan kali ini berlangsung dengan zero accident, tidak lupa saya atas nama pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada mas Jul, mas Uchon, mas Agung Rantank, mas Alfian, Om Pram, Om Bimo 1 dan Om Bimo 2, serta sahabat”Nusantaride yang tidak dapat di sebutkan satu persatu. Tidak lupa juga saya ucapkan banyak terima kasih kepada Om Sule yang sudah memberikan petunjuk management touring (ceilah.....), Om Jarod yang sudah memberikan support semangatnya, Om Agung yang sudah membantu memantau lattitude kami bertiga, teman” HTML Wilayah Cirebon (Maaf gak jadi mampir....hehehehe....mungkin lain waktu kita mampir), sekali lagi saya Reza, Om Rahman, dan Om Andrie mengucapkan banyak-banyak terima kasih.